Kirim Video Berita, Ditransfer Uang Rp.50rb!

Pengalaman Import Barang dari China Tertahan di Pemeriksaan Bea Cukai

Calon Media Online HUMAS.ID – Pada tanggal 16 Mei 2022, saya melakukan pemesanan / pembelian barang elektronik dari China. Nama barangnya adalah Hohem Istock Pro 4 Gimbal Penstabil untuk GoPro 10 Kamera Aksi 3 Sumbu Gimbal Genggam untuk Gopro Hero 10 9 8 7 6 5 Osmo Action. Alat ini berfungsi untuk penstabil kamera GoPro Hero 10 saya, walaupun memang sih, kamera yang tahan air sampai kedalaman 10 meter itu sudah ada sistem stabilnya – hypersmooth nya, tapi saya ingin lebih smooth lagi, makanya saya investasi dengan membeli gimbal khusus kamera action ini.

Saya beli dari marketplace luar negeri (China) Ali Express, dan nama pelapaknya Filmmaker Pro Store. Harga barangnya Rp. 1.272.084,- (itu sudah harga diskon).

Saya putuskan untuk lakukan import langsung china, karena setelah cek marketplace-marketplace di Indonesia pun, barang tersebut dijual secara Pre Order satu bulanan, artinya mereka sama-sama melakukan import dulu dari china. Soal perbedaan harganya, silahkan teman-teman cek sendiri saja ya. Yang jelas harga dari china nya itu Rp. 1.272.084,-  ditambah Bea Masuk, PPN import dan lain-lain (bisa cek datanya nanti di bawah ya) Rp. 68.650,- sama dengan Rp. 1.340.734,-

TIPS :
Jika teman-teman mau beli barang dari Aliexpress, pilihlah dari pelapak yang terpercaya banget ya, misalnya untuk barang saya ini kan dari produk hohem, maka sebaiknya belinya dari pelapak officialnya yaitu hohem Official Store, tapi saya juga malah beli dari yang bukan officialnya (ini kekeliruan saya, jangan di contoh ya, hee…), ini hanya saran saja.

Pada tanggal 30 Mei 2022 kemarin, saya mendapatkan pemberitahuan di email yang saya gunakan untuk akun aliexpress – ternyata itu pemberitahuan dari aliexpress yang mengatakan bahwa barang saya ada terkendala di pemeriksaan bea cukai.

Kata-kata di emailnya, kurang lebih begini :

Sebagai yang masih awam dan baru kali ini saya belajar import barang dari luar negeri, tentu saja ada rasa khawatir barang saya tidak bisa sampai ke alamat saya.

Berikut ini tampilan barang ketika tertahan di Bea Cukai. “Pemeriksaan Pabean Gagal“, tulisnya.

Lalu saya pun menghubungi penjualnya ( Filmmaker Pro Store ) di web aliexpress.

Dan berikut ini tanggapan Seller nya, lumayan membuat saya tenang sih, tidak seperti tadi banget yang aslinya khawatir barang tidak sampai. Maklum saya sama-sekali belum ada pengalaman hal ini.

Berbekal penjelasan dari Seller, kemudian saya menghubungi Kantor Bea Cukai Tasikmalaya. Asal tahu saja teman-teman bahwa dapat nomor WA Kantor Bea Cukai Tasikmalaya itu juga dari hasil searching kesana kemari di Google. eh ketemu data no. WA di bawah ini:

Petugas Bea Cukai Tasik mengatakan bahwa paket saya ditahan di bea cukai karena belum melunasi bea masuk dan ppn serta lain-lain.

Selengkapnya Bea Cukai Tasik memberikan data ini ke saya :

Tambahan Informasi dari Bea Cukai Tasikmalaya bahwa untuk Cek Barang kiriman kita bisa melakukannya secara mandiri dan berkala di halaman : https://www. beacukai.go.id/ barangkiriman – Masukkan No Resi dari Ali Expressnya, contoh punya saya No Resi nya yang ada : LP2311772****

Saya coba tracking data nya dan hasilnya begini:

Lalu saya cari tahu dan menghubungi akun Facebook Pos Indonesia. Seperti di bawah ini:

Setelah itu, selang beberapa jam, ada SMS masuk ke nomor saya (nomor WA saya yang saya daftarkan untuk handle akun aliexpress).

Saya terus saja ikuti tautannya, dan masuk ke seperti ini

Rincian pembayarannya begini:

Jadi artinya saya harus bayar di muka untuk semua biaya diatas (Bea Masuk. PPN import dll.), jadi tidak di tarik oleh pak pos ketika pak pos ada / sampai di depan rumah kita ya, ini harus bayar transfer ke rekening khusus pos indonesia.

Dan berikut ini beberapa cara / metode pembayaran nya :

Dan berikut ini layanan-layanan Pos Indonesia yang berhubungan dengan pengiriman ke luar negeri

Setelah mempelajari cara pembayarannya, saya pun melakukan pembayaran dengan cara transfer dari rekening Mandiri

Maka ketika halaman pos indonesia saya refresh, statusnya jadi sudah bayar

Saya klik “Lihat Bukti Bayar” – Dan ini bukti pembayaran nya:

Dan di keterangan tracking, terlihat keterangannya menjadi sudah di release.

Lalu, ada balasan pesan WA dari Bea Cukai Tasikmalaya, yang mengatakan “silahkan lakukan pembayaran, kak”.

Saya jawab, sudah.

Jadi sekarang, saya tinggal menunggu barangnya datang.

Sekarang (saat artikel ini di ketik – 03 Juni 2022) saya cek di tracking nya, barang sudah sampai di Bandung.

Semoga selamat sampai di Tasik dan di rumah saya. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *