Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Tips Menghapal atau Membaca Buku Materi Pokok BMP Universitas Terbuka UT untuk Karyawan

Calon Media Online HUMAS.ID – Untuk teman-teman yang saat ini mejadi Mahasiswa UT lalu sambil bekerja di perusahaan PT /pabrik misalnya, tentu saja pernah mengalami kegelisahan dan kebingungan hal teknis menghapal buku kuliah, bukan?

Nah, saya pun sama. Saya juga pekerja sama seperti teman-teman, dan merasakan betapa di aturnya waktu ini untuk bisa mempunyai waktu buat membaca buku-buku UT. Kalau tidak dibaca, wah tambah suram nanti pas Tuton dan UAS khan? jadinya walaupun benar-benar suntuk cape dan lelah, ya tetap harus dipaksakan dibaca.

Ada tips trik untuk bagaimana kita bisa membaca buku-buku UT tersebut dengan enjoy senang riang gembira, caranya adalah :

1. Tanam dulu mindset di pikiran kita bahwa membaca itu menyenangkan

2. Bacalah buku yang sekiranya kita sukai dulu, buku mata kuliah yang menurut teman-teman enjelimet, bisa di kesampingkan dulu, pilih mata kuliah yang paling disukai dulu.

3. Terus selanjutnya kita bisa membaca bagian Rangkumannya dulu saja, jadi tiap buku, baca dulu saja pas rangkumannya, kalau bisa di tulis ulang di buku catatan, tapi kalau ribet, ya tinggal baca saja dulu di BMP nya. Nah nanti kalau sudah ada waktu luang dan pikiran lagi emut, baca full nya ya.

4. Kalau saya membacanya ketika suasana hati sengan enjoy senang, jadi yakinkan itu. Jadi, ketika teman-teman sedang marah-marahan, sebaiknya tutup saja dulu Bukunya karena akan sulit menghapal pelajaran jika sedang kurang baik kondisi hatinya, lagi marah-marah.

5. Waktu menghapalnya setelah shalat Subuh ya, ini khusus untuk teman-teman yang Muslim Islam. Mengapa harus habis subuh? karena masih segar suasana dan badannya.

6. Ini untuk Muslim juga, sebaiknya mandi & keramas pas sebelum shalat subuhnya, setelah itu baca al-qur’an beberapa ayat, dilanjut dengan shalat subuh berjamaah di masjid, setelah itu buka buku deh menghapal – ya sekitar 1 jam lah. Saya sih biasanya sampai jam 06.00 pagi. Kelamaan juga tidak baik, malah pusing ke pikiran kita, satu jam saja, dari jam 5 sampai jam 6. lalu konsisten, itu sudah lebih dari cukup.

Ya begitulah teman-teman. Ini hanya share ringan saja ya. (Firmansyah – Mahasiswa UT Bandung).

Leave a Reply

Your email address will not be published.