Breaking News
Lowongan Wartawan di Media Online Salira TV, Terbuka untuk Setiap Kab/Kota di NKRI. Dapatkan Fee Bulanan Menarik, Pelajari di https://bit.ly/3xzCfW2
Lowongan Wartawan di Salira TV

Tips Agar Kita Tidak Gerogi Saat Berbicara di Depan Umum (diatas Podium atau Mimbar)

Calon Media Online HUMAS.ID – Sebelum ke artikel utamanya, izinkan saya untuk bercerita kepada teman-teman. Tapi pertama-tama sebaiknya Anda siapkan dulu saja kopi dan cemilain lainnya agar tak cepat bosan membaca cerita saya ini, hehe.

Waktu saya masih duduk di kelas 2 (dua) SMK, tepatnya saya sekolah di SMK Negeri 2 Tasikmalaya dan mengambil Jurusan Otomotif waktu itu sekitar tahun 1999 s.d 2001. Saya masuk ke CNI kependekan dari Citra Nusa Insan Cemerlang. Penyebab saya masuk CNI padahal saya masih usia sekolah SLTA adalah karena dibawa oleh teman saya yang sudah lulus SMK N 2 juga, dia masuk CNI, eh, terpancing deh, ikutan masuk juga saya, CNI terkenal dengan rayuan maut nya yang wow bombastis saat memprospek calon downline, heheh.

Banyak suka duka di CNI saat itu, tapi yang pasti yang saya dapat dan sampai sekarang terasa manfaatnya adalah Pelajaran untuk bagaimana agar kita tidak malu berbicara di depan umum, bahkan di depan panggung podium.

Ya, aslinya, di CNI dulu saya didik untuk tidak minder, tidak pemalu, harus cekatan, harus berani memperkenalkan diri duluan ke orang lain, harus berani menyapa duluan ke orang yang belum kita kenal, dan nilai-nilai kepemimpinan dan keberanian dalam jalan lurus lainnya.

Tapi ya ada juga kekurangannya yaitu ya tidak perlu disebutkan lah karena ya begitulah bisnis MLM Multi Level Marketing. Kita ambil positifnya saja ya.

Saya akhiri segitu saja dulu cerita CNI saya, lain kali disambung di pembuka artikel lainnya ya teman. Baiklah kita sekarang masuk ke bahasan inti, berikut ini :

Hampir semua orang juga awalnya begitu. Kebanyakan 100% gerogi saat berbicara atau Pidato di depan podium, apalagi yang dihadapinya adalah para pejabat tinggi misalnya.

Tetapi ternyata ada beberapa tips trik nih teman-teman, sehingga kita menjadi santai enjoy, tidak gerogi, tidak panik ketika berpidato di depan mimbar.

Nah berikut ini tipsnya ya, kita tidak pakai ba bi bu ngaler ngidul muter tulisannya, nanti teman-teman malah bosan.

Ini dia Tips sekaligus Trik Agar Supaya Kita menjadi Tidak Gerogi / tidak Panik Saat kita Berbicara di Depan Umum misalnya diatas Podium atau diatas Mimbar :

1. Kuasai Materi

Nah, kebanyakan panik itu karena nggak tahu apa yang akan dibicarakan, menghuleng melamun saja terus di depan mimbar jadinya sambil gemetar. Jadi pastikan teman-teman sudah menguasai materi obrolan apa yang akan disampaikan ke khalayak umum di depan yaa…

2. Tatap setiap mata penonton / hadirin yang menyimak kita

Ini memang berat, apalagi kalau yang ditatap itu adalah Pejabat Tinggi misalnya pak Presiden. Tapi ya begitulah tipsnya, kita sebagai pembicara harus berani menatap setiap mata penonton, jika itu dilakukan maka Anda akan lebih memiliki nilai Kharisma dan Percaya Diri dan Terkesan Semangat serta terkesan menguasai materi pembicaraan pula.

3. Sapa lah Penonton

Tips terakhir yang paten juga nih, teman-teman harus berani menyapa para penonton, misalnya dengan kata-kata : “Bagaimana Bapak Ibu, sehat semuanya?” – kalau perlu kita sapa kepada pribadi penonton yang dianggap memiliki kharisma di Ruangan itu. Misalnya dalam ruangan itu ada pejabat paling tenar, beliau seorang Anggota MPR DPR, maka kita sapa saja bapak itu, maka kondisi dan suasana ruangan akan Cair, percayalah.

Demikian tips dari saya.

Firmansyah
Mahasiswa Universitas Terbuka UT Bandung
Prodi : Ilmu Komunikasi
Saat ini masih di Semester 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *