Breaking News
Lowongan Wartawan di Media Online Salira TV, Terbuka untuk Setiap Kab/Kota di NKRI. Dapatkan Fee Bulanan Menarik, Pelajari di https://bit.ly/3xzCfW2
Lowongan Wartawan di Salira TV

Lulusan Kuliah Ilmu Komunikasi itu nantinya Kerja Apa sih?

Calon Media Online HUMAS.ID – Prakata dari panitia, eh dari penulis :

Hampir semua orang (terutama orang tua), kalau ditanya apa tujuan kuliah adalah supaya anaknya mudah dapat kerjaan, baik kerjaan di kantoran swasta atau kerjaan jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Sangat langka yang tujuan kuliah adalah nantinya agar bisa buka usaha, buka perusahaan mandiri, sangat langka, itu bisa dihitung dengan jadi yang punya motivasi hebat begitu.

Apakah memiliki pandangan bahwa habis kuliah ingin / agar mudah kerja jadi PNS atau jadi pegawai kantoran di perusahaan besar itu salah? Jawabannya nggak salah om. Itu sah-sah saja bahkan itu sudah lazimnya di kita memang demikian. Tetapi ketika seseorang punya tujuan atau cita-cita setelah lulus kuliah akan bangun perusahaan baru (perusahaan sendiri) dari nol, itu lebih hebat tuh.

Akhirnya pilihan ada di tangan masing-masing kita, saya disini hanya menyampaikan realita saja bahwa memang demikian adanya yang terjadi di lapangan tentang pola pikir kebanyakan masyarakat di kita, yaitu kebanyakannya bermental pegawai atau pekerja dan sedikit sekali bermental wirausahawan dari nol.

Ya, diatas hanya intermezo saja, artikel selengkapnya, mari kita mulai berikut ini :

Mungkin ada diantara teman-teman yang saat ini sedang kuliah di program studi Ilmu Komunikasi bertanya-tanya di hati.

Perkenalkan bahwa saat ini, saya juga adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Terbuka, UT Bandung, dimana sekarang baru masuk ke Semester 4.

Saya masuk Ilmu Komunikasi karena memang sejalan dengan hobby saya yaitu mengelola situs atau website dan juga mengelola channel youtube yang menjurus ke Media Online. makanya situs ini humas.id saya sebutnya Calon Media Online, karena harapannya kedepan benar-benar bisa menjadi Media Online, bukan calon lagi.

Kembali ke judul artikel, sebenarnya Mahasiswa Lulusan Kuliah Ilmu Komunikasi itu nantinya akan Kerja Apa sih?

Untuk menjawab itu tentu saja akan panjang ulasanya karena tiap individu punya perspektif yang berbeda-beda.

Nah, disini saya hanya akan menggunakan kacamata saya, jadi tentu saja nanti akan agak beda dengan kacamata yang teman-teman pakai, tapi ya minimal ada kemiripan lah di berbagai aspek.

Jadi, menurut pemahaman saya, Lulusan Kuliah Ilmu Komunikasi itu nantinya bisa Bekerja di bidang-bidang berikut ini :

1. Bidang Humas (Hubungan Masyarakat) atau PR – Public Relations

Untuk bisa masuk Humas, tentu saja Anda harus jangan pemalu. Jika saat ini teman-teman adalah seorang mahasiswa ilmu komunikasi lalu pemalu, maka rubahlah karakter Anda. pokoknya tidak ada bagian Humas yang pemalu, mereka adalah vokal lantang berbicara di depan khalayak ramai, karena tugas mereka sosialisasi menyampaikan program-program organisasi atau perusahaan kepada khalayaknya.

2. Bidang Wartawan

Ini juga sama, jangan pemalu. Tidak ada dalam kamus, seorang wartawan kawakan pemalu, mereka adalah yang tangguh, gigih, berani, vokal, keras dan nyaring bicaranya tapi dengan kaidah kebenaran, mereka berbicara dengan fakta buka dengan opini. Anda yang ingin jadi wartawan, belajarlah berbicara fakta dan kubur opini pribadi Anda. (tapi bisa juga menumpahkan opini di kolom opini sih – jadi ada ruangnya khusus).

3. Jadi Blogger dan Vlogger

Anda jangan anggap remeh penghasilan para Blogger dan Vlogger yang Pro, bisa mengalahkan PNS loh, hanya saja mereka tidak mau menampakkan diri ke umum.

Blogger adalah orang yang hobby bikin artikel di blog atau situs / website. Sementara Vlogger adalah yang senang bikin video, contohnya seorang YouTuber.

Syarat jadi blogger, boleh pemalu, karena kan tugasnya membuat artikel. Nah, kalau jadi youtuber itu sebaiknya harus bisa bicara depan kamera menampakkan wajah anda dengan 100% Full Percaya diri.

Demikian yang bisa saya share. Moga manfaat ya kawan semua.

Firmansyah
Mahasiswa Universitas Terbuka UT Bandung
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Semeter : 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *