Kirim Video Berita, Ditransfer Uang Rp.50rb!

Cara Persiapan Menghadapi Tuton dan UAS 2022.1 UT Universitas Terbuka

Calon Media Online HUMAS.ID – Sebelum ke materi, izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya kepada pembaca semuanya, ada pepatah paling bijak mengatakan bahwa : “tak kenal maka tidak balik lagi ke website kamu”, katanya, hee.

Saya adalah seorang Mahasiswa UT yaitu Universitas Terbuka, dan karena saya domisi di Kabupaten Tasikmalaya, maka saya masuknya ke UPBJJ UT Bandung.

Apa itu UPBJJ? UPBJJ itu singkatan ya teman-teman-teman, yaitu singkatan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh. Istilah ini sepertinya hanya ada di UT deh, hehe, UT memang hebat, tapi jika saya keliru, mohon diluruskan ya teman-teman, apakah benar istilah UPBJJ hanya ada di UT atau adapula di gunakan di Universitas lain? komentar saja ya teman-teman.

Nah, saya masuk UT itu pada 2020, tepatnya saya mulai masuk Semester 1 itu adalah pada semester 2020.2 jadi ya sekitar bulan Juli 2020 lah dulu itu.

Saya mengenal UT dari keponakan saya yang saat itu sudah berprofesi menjadi seorang Guru di SMP Negeri 1 Cigalontang, sudah PNS tuh hehe. Saya khan bertanya ingin tempat kuliah yang tidak ketat banget dalam hal pengaturan waktunya karena saya sudah bekerja. Jadi inginnya waktunya itu enjoy santai dan cocok untuk para karyawan atau pekerja PNS. Nah keponakan saya merekomendasikan UT ke saya.

Aslinya, memang terbukti benar bahwa kuliah di UT itu sangat nyantai teman-teman. Dan sukses tidaknya diatur masing-masing, aslinya. Kalau seorang mahasiswa UT rajin membaca modul-modul Buku Materi Pokok atau BMP dari UT maka dia akan sukses kuliah di UT, tapi kalau asal-asalan dan malas baca buku, ya wassalam, hanya mengejar Gelar S1 atau S2 jika demikian. Jadi hampir 99% kuliah di UT itu ditentukan oleh mahasiswa nya sendiri, mau sukses atau nggak, mau benar-benar menguasai materi kuliah atau hanya sekedar nyari Gelar lulus S1?

Baik, itu hanya intermezo, saya yakin 100% teman-teman mahasiswa UT adalah orang-orang yang hebat dan rajin membaca buku-buku yang diberikan UT sebagai bahan UAS. Kita masuk ke materi pokok berikut ini ya…

Teman-teman semuanya, disini saya ingin berbagi tentang Apa dan Bagaimana Persiapan kita sebagai Mahasiswa untuk menyongsong Tutorial Online dan juga Ujian Akhir Semester (UAS).

Agar mudah dan runtut, saya telah menyusunkan kedalam point demi point, berikut ini :

1. Persiapkan File-file pendukung Tuton, bisa berupa format tulisan di Notepad atau Microsoft Word.

2. Persiapkan File BJU (Buku Jawaban Ujian) untuk menghadapi UAS sesuai Daftar Mata Kuliah UAS pada semester ini.

3. Susun Folder Khusus untuk Tuton dan untuk UAS 2022.1 di Windows Explorer di Laptop / PC kita

4. Siapkan Format Dokumen untuk Tuton dan untuk UAS untuk Masing-masing Mata Kuliah (persis langkah 1 dan 2 diatas ya)

5. Pelajari / Baca Semua BMP Buku Materi Pokok secara Keseluruhan dan Cermat

6. Jaga selalu kesehatan, sebisa mungkin, kurangi aktifitas yang bisa membahayakan kita di luar sana. Intinya ketika waktunya tiba, baik Tuton pun UAS, kita sedang dalam keadaan Fit Sehat, tak kurang satu apapun.

Demikian Tips dari saya.

Firmansyah
Mahasiswa UT Universitas Terbuka Bandung
Prodi : Ilmu Komunikasi
Semester : 4 (empat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *