Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Nasehat Kyai Ilyas Ruhiat

Calon Media Online HUMAS.ID – Salah satu nasehat almagfurlah kyai ILYAS guru besar kami di pesantren cipasung yang masih kami ingat adalah hadis yang menurut beliau diterima dari KH. WAHID HASYIM dari ayahnya hadrotusyekh KH. HASYIM ASY’ARI dari guru-guru nya mbah hasyim bahwa rosulullah saw bersabda :

لاتطلب اربعة بغير اربعة في اخر الزمان فانك لاتجدها

Jangan kau cari 4 hal yang tanpa 4 hal lainnya pada akhir zaman karena engkau tidak akan menemukannya.

(١) لاتطلب عالمايعمل بعلمه فتبقى جاهلا

1. Jangan kau cari orang alim yang dapat mengamalkan seluruh ilmunya

Kyai yang nyaris sempurna, tanpa cacat, tidak pernah melakukan kesalahan sedikit pun, untuk kamu jadikan dia sebagai guru. Di akhir zaman ini nyaris tidak ada orang alim se kelas imam syafi’i, se level imam gozali, setingkat syekh nawawi, atau para ulama yang lainnya yang dapat mengamalkan seluruh ilmunya.

Jika kamu terlalu ideal memaksakan diri mencari orang alim seperti itu maka akhirnya kamu tetap terus menjadi orang yang bodoh.

Minimal kita cari kyai yang bisa membaca, memahami, mngajarkan karya2 para ulama yang solih, kyai yang dapat membimbing kita untuk faham terhadap inti ajaran islam, walaupun kyai itu masih memiliki kekurangan. Dan hanya kyai2 NU, kyai2 yang telaten ngajarin santri, kyai2 yang dapat membaca kitab2 klasik karya para ulama yang dapat kita jadikan guru.

(٢) لاتطلب صديقا بغير عيب فتبقى واحدا

2. Jangan kau cari teman yang tidak memiliki kekurangan, nanti kamu akan tetap sendiri

Idealnya kita punya teman yang tidak memiliki aib, pinter, soleh, solider, care. Tapi di akhir zaman ini teman seperti itu nyaris tidak akan kita temui.

ada ungkapan : tidak ada teman yang abadi, yang abadi hanyalah kepentingan, tidak apa2 yang penting kita jangan menjadi pengkhianat di setiap pertemanan.

(٣) لاتطلب رزقا بغير شبهة فتبقى جائعا

3. Jangan kau cari rizki yang tidak ada unsur syubhatnya, nanti kita akan lapar terus

Idealnya kita mencari rizqi itu yang 100% dijamin kehalalannya, syukur lah Jika itu kita dapatkan. misalnya dapat rizqi dari hasil pertanian dan peternakan . 100% halal.

Tapi kalau kita ditaqdirkan untuk menjadi pegawai negeri atau pejabat negara atau pegawai bank yang menurut jumhur ulama duit nya itu syubhat, ya sudah terima saja, yang penting jangan masuk katagori haram, bekerja nya jujur, disiplin, dan tidak korupsi.

(٤). لاتطلب عملا بغير رياء فتبقى بلا عمل

4. Jangan kau cari amal yang tidak ada unsur riya nya, nanti kamu tidak beramal sama sekali

Syukur2 kita sudah bisa ikhlas beramal soleh, solat berjamaah, puasa sunat, nyantunin yatim, sidqoh dan jariah, wakafin tanah dan lain2 hanya karena Allah saja.. syukur , itu yang diharapkan. Tetapi kalaupun ada sedikit rasa dalam hati kita ingin mndapat sanjungan orang jangan sampai membuat kita jadi berhenti beramal.. lanjuntukan saja !

Kata sayyidina Ali bin Abi tholib ra.

العمل مع الرياء خير من غير عمل

Beramal disertai riya, lebih baik daripada tidak amal sama sekali.

Semoga nasehat kyai ilyas ruhiat tadi menambah semangat kita dalam berusaha untuk menjadi muttaqin yang solihin.

ila hadroti ruhi kyai ilyas alfatihah…

والله يهدينا الى سبيل الحق

A. Ruhyat Hasby (kang uyan) ketua PCNU karawang

Untuk Alm. Apih (KH. Moh. Ilyas Ruhiat) Alfatihah

Leave a Reply

Your email address will not be published.