Kirim Video Berita, Ditransfer Uang Rp.50rb!

Hal-hal Penting yang Harus Mahasiswa UT Pahami tentang UAS THE 2021.2

Calon Media Online HUMAS.ID – Berikut ini Rangkuman tentang hal-hal penting tentang UAS (Ujian Akhir Semester) Sistem THE (Take Home Exam) UT Universitas Terbuka untuk Semeter 2021/22.1 (2021.2) :

1. Lembar KTPU atau Kartu Tanda Peserta Ujian untuk UAS THE dapat di unduh di alamat (link) admisi-sia.ut.ac.id – waktunya dimulai tanggal 01 Desember sampai dengan Satu hari sebelum Pelaksanaan UAS THE yang dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2021.

2. Sebagaimana disebutkan diatas bahwa pelaksanaan UAS THE semester ini 2021/22.1 (2021.2) adalah dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 31 Desember 2021.

3. Untuk rekan-rekan Mahasiswa yang mengerjakan UAS THE nya dengan cara ditulis tangan, maka Lembar Jawaban yang telah disediakan UT di halaman THE bisa di unduh terlebih dahulu lalu di print sebanyak matakuliah yang diujikan atau di print lebih sebagai cadangan untuk jaga-jaga kesalahan pengisian.

4. Untuk Urutan data yang ada di file BJU adalah sebagai berikut :

  • Halaman 1 berisi Cover BJU
  • Halaman 2 berisi Surat Pernyataan Kejujuran, kemudian
  • Halaman 3 dan seterusnya berisi Lembar Jawaban Ujian

5. Intinya teman-teman dapat mengisi cover BJU dan juga mengisi Surat Pernyataan Kejujuran sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UT yaitu Boleh diketik di Microsoft Word atau boleh juga dengan cara di tulis tangan dengan sebelumnya mencetak blanko format BJU yang ada di halaman THE.

6. Perihal Tanda Tangan yang ada di halaman Cover BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) dan halaman Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik, maka itu boleh dengan tanda tangan basah yaitu ditanda tangan manual seperti biasanya oleh tangan kita menggunakan ballpoint, atau boleh juga menggunakan tanda tanda tangan kita yang sudah di scan terlebih dahulu menjadi file gambar – dan lalu di insert – picture di word dan diatur letaknya di tempat yang semestinya ada si tanda tangan kita tersebut (ini memerlukan keahlian mengoperasikan Microsoft Word tentunya).

7. Tentang Nama File untuk BJU, sebenarnya itu bebas, Mau dikasih nama file apapun boleh karena file BJU yang sudah ada di server UT nantinya akan otomatis tertata rapi menjadi bernama “nim mahasiswa – kode mata kuliah”, apapun nama file asalnya maka nama file nya akan dirubah otomatis oleh sistem menjadi “nim si mahasiswa terseut lalu diikuti kode mata kuliahnya”

Tetapi agar rekan-rekan mahasiswa tidak bingung dalam manajemen data file di komputer teman2 maka tentunya disarankan untuk memberikan nama file yang teratur.

Kalau saya memberikan nama file nya dengan : “NIM_KODE MATA KULIAH_NAMA MATA KULIAH.pdf” – Contoh misalnya untuk matakualih logika (bukan nim saya asli yaaa hanya contoh) : “065852479_ISIP4211_Logika.pdf

8. Pada Halaman Pernyataan Akademik di file BJU yaitu di halaman 2, maka teman-teman harus mengisi dengan benar dan lengkap untuk hal Nama, NIM, Tempat Tanggal Lahir, Kode Mata Kuliah, dll. Jika tidak diisi dengan benar dan lengkap, maka Korektor akan bingung dan bisa saja terjadi kekeliruan data nantinya. Yang rugi teman mahasiswa sendiri jika terjadi kekeliruan data karena kurang lengkapnya informasi diri teman-teman di file BJU itu.

9. Satu hal yang harus diperhatikan bahwa untuk Kode di BJU itu harus sama dengan naskah soal – intinya sama dengan kode matakuliah yang saat itu di ujikan. Itu sudah pasti ya teman-teman.

10. Teman-teman Mahasiswa yang Kreatif, itu boleh mengetik ulang format teks halaman-halaman BJU, seperti Cover BJU, terus lanjut ke halaman Surat Pernyataan dan kemudian terakhir ke halaman jawaban. Nah itu boleh diketik ulang oleh teman-teman dengan tetap melihat contoh format dasar yang di berikan UT, itu kan formatnya nanti ada di halaman THE yang bisa teman-teman download nanti ketika UAS THE.

Saya juga untuk file BJU adalah hasil edit saya sendiri karena merasa lebih nyaman dilihatnya, intinya nanti ukuran file nya nanti maksimal harus 2MB dan dalam bentuk pdf. Boleh jadi nanti ukuran filenya besar (lebih dari 2MB) itu biasanya karena ada insert – picture – hasil scan tanda tangan punya teman-teman. Jadi yakinkan untuk mengecilkan dulu ukuran file gambar tanda tangannya – seperlunya saja, Nah untuk mengecilkan ukuran file gambar tanda tangan bisa di Software Adobe Photoshop. Lagi-lagi teman-teman harus memahami Photoshop. Kalau kesusahan bisa minta bantuan ke abang tukang Rental Komputer / jasa Pengetikan, biasanya mereka paham banget hal itu (hal mengecilkan ukuran file gambar).

Intinya kalau ukuran file BJU teman-teman masih diatas 2MB maka itu tidak bisa di unggah / di upload ke sistem THE.

11. Bagi mahasiswa yang ditulis tanganm, Untuk hal kertas jawaban nya (yang ada di halaman 3 ketasa) itu bebas, mau kertas HVS dan dikerjakan di hasil print dari format UT, boleh. Terus mau dengan kertas folio bergaris juga boleh.

Kalau saya sarankan sih mendingan di print dulu itu format BJU yang memang sudah ada garis nya dari halaman THE – lalu di print. Nah menulis manual itu di kertas hasil print tersebut.

12. Bagi teman-teman yang memilih untuk ditulis tangan, itu Wajin rapi tulisannya dan harus bisa terbaca oleh orang lain / oleh korektor nantinya.

13. Jika di ketik di Microsoft Word, maka saya sarankan untuk ukuran font nya pakai yang standar saja yaitu ukuran 12. Dan menggunakan jenis huruf Times New Roman – karena itu jenis huruf untuk dokumen Formal.

Jadi teman-teman jangan pakai jenis huruf Comic Sans MS yaaa (misalnya) itu jenis huruf kesukaan Anak SD itu – jika mengerjakan Tugas — mereka senang menggunakan Comic Sans. Menurut pandangan saya, itu bukan jenis huruf formal dan tidak bagus bila diterapkan di THE. Tentunya.

14. Untuk hal waktu Unduh/Download Soal dan Unggah/Upload BJU adalah sebagai berikut :

  • Mulai unduh/download Soal itu dimulai jam 00.01 sampai dengan 23.00
  • Mulai unggah/upload Jawaban BJU kita itu dimulai Jam 03.00 sampai menjelang jam 24.00 (ya sekitaran 23.59 khan).

15. Ketika teman-teman mulai mendownload (unduh) soal, maka saat itu pula waktu sudah mulai berjalan. teman-teman dikasih waktu selama 12 Jam. Sejak download soal. Teman-teman harus mengirimkan Jawaban Ujian sebelum habis waktunya tersebut, yaitu 12 jam sejak download soal. Misalnya teman-teman download soalnya jam 6 pagi, maka maksimal mengirimkan jawabannya itu pada jam 6 magrib (12 jam khan itu artinya).

16. Jika teman-teman selesai menjawab dalam satu jam, maka belum bisa dikirim jawaban teman-teman jika baru satu jam sejak waktu download soal, itu harus menunggu 3 jam sejak download soal, baru bisa di kirim si jawaban kita. Contoh teman-teman download soalnya jam 6 pagi, maka mulai bisa dikirim jawabannya pada jam 9 pagi.

Tentang hal ini, saya pun tidak 100% yakin, karena diatas ada kata-kata “Mulai unduh/download Soal itu dimulai jam 00.01 sampai dengan 23.00” – Jika download soal jam 23.00 dan mahasiswa otomatis hanya punya waktu satu jam – bukan 3 jam lagi. jadi disini masih ada keganjilan sih.

Itu perlu di try – di coba di waktunya. apakah bisa mengirim jawaban – hanya satu jam setelah download soal? — itu masih menjadi pertanyaan. Oke.

Ya sudah – kita cari aman nya saja ya (karena belum dapat info jelas dari UT tentang itu). Kita download soal jam 6 pagi lalu kerjakan dan biasanya jarang sekali yang selesai dalam 1 jam. Saya saja kalau download soal jam 9 pagi, itu selesainya bisa Sore bahkan sampai malam. Susah loh itu Soal UAS THE. Soal Uraian. Saya tidak kebayang, itu mahasiswa Jenius banget jika mampu menjawan soal uas the hanya dalam waktu 1 jam, benar-benar Jenius dah. heee…

17. Persiapkan dari sekarang, untuk memastikan Jaringan Internet kita adalah bagus stabil ya. Kondisi laptop atau HP prima. Kesehatan juga mesti dijaga untuk saat2 waktu UAS THE.

18. Perlu diketahui bahwa dalam sehari, itu hanya ada satu mata kuliah yang di ujikan. Kecuali yang Mata kuliah nabrak – jadi double deh mengerjakannya dalam hari tersebut. Itu memang resiko mahasiswa tersebut sih.

19. kalau mata kuliahnya bentrok, maka tidak bisa dalam waktu yang sama mengerjakannya. jadi nantinya begini jika ada dua matkul dalam sehari (disebut bentrok). Misal mata kuliah 1 dikerjakan dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. terus si mahasiswa itu istirahat makan minum dll. Lalu jam 14.00 nya mulai download soal matakuliah kedua dan dikirim misalnya jam 9 malam. Itu hanya misal. Yang jelas per mata kuliah waktunya ya tetap 12 jam (itu pemahaman saya ya). Intinya jangan berbarengan banget dah mengerjakannya. Lagian jika berbarengan ya akan bingung dan secara logika itu Aneh. kok bisa? ya kan – nanti malah disangka dikerjakan oleh orang lain yang satu nya lagi – itu logika nya khan?

20. Untuk UAS THE ini adalah Open book – jadi itulah fungsinya Modul BMP Cetak (Buku Materi Pokok)

21. Untuk setiap jawaban di UAS THE itu ada nilainya ya teman2, sekalipun jawaban kita itu kurang tepat. jadi usahakan jawablah soal-soal THE sebisa kita. jangan sampai di kosongin. Kalau kosong ya bingung kolektor, mau menilai apa? paling di nilai NOL atau Nilai E.

22. Dilarang copy paste. Kalau teman2 memahami jawabannya dari modul bmp ut misalnya – itu jangan sama kata-katanya dengan di modul – itu namanya copy paste. Gunakanlah bahasa sendiri. jangan asal tempel saja sama kata-kartanya dengan di modul, jika itu dilakukan, nilai nya E atau Nol atau Tidak Lulus. dan Harus Mengulang Mata kuliah tersebut.

23. Untuk jawaban UAS yang kita kirim – itu masih bisa di ubah oleh mahasiswa – selama waktu 12 jam sejak download soal teman2 itu masih tersedia. Misalnya teman2 download soal jam 6 pagi, terus ngirim jawannya jam 12 siang. nah itu kan masih tersisa waktu 6 jam ke pukul 18.00. jadi dalam rentang jam 12 siang sampai jam 18.00 itu jawaban teman2 masih bisa di edit. asal tahu kode nya. jadi pastikan mencatat kode keamanan ketika pertama kali mengirim jawaban, itu ada kode keamanan. catat kode itu, untuk jaga2 jawaban kita di edit nanti. Kalau kode keamanan tidak muncul, artinya browser teman2 masih di blokir pop up nya. Aktifkan dulu sistem pop-up di browser nya ya. Caranya akan saya coba buat video nya di channel youtube “Langsung Viral dot com”

24. Jaga komputer atau HP agar tetap prima dan terbebas dari virus – nanti teman2 akan bingung jika tiba2 laptop / HP nge-hank karena drop kena virus atau rusak komponen nya (bukan karena virus).

Demikian (F)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *