Fungsi dan Peran Media Massa di Jaman Sekarang – Menurut Denis McQuail

15 views

Calon Media Online HUMAS.ID – Jenis Media Massa di Jaman Sekarang yaitu di Era Internet / Media Sosial sedang Jaya-jayanya adalah sangat penting. Menurut pemahaman saya pribadi, Media Massa adalah sebagai Lembaga yang kredibel dan dapat dipercaya kebenarannya untuk meluruskan dan membuktikan kebenaran sebuah isue / desas-desus yang dilontarkan oleh Warganet di Media Sosial. maka dengan segala macam kewenangan dan fasilitas dan alat yang dimiliki oleh Perusahaan Media Massa, maka Media Massa dapat dengan mudah, mampu dan memilik hak dan kewenangan untuk melakukan croscek atau cek fakta kepada sumber desas-desus tersebut, lalu melakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan (kepada orang pertama / sumber berita).

Denis McQuail (1987) mengatakan bahwa eksistensi media massa semakin penting di masyarakat, di mana hal ini terlihat dari fungsinya sebagai berikut:

1. Media Massa merupakan industri yang berubah dan berkembang yang menciptakan lapangan kerja, produk (barang dan jasa) serta menghidupkan industri yang lain yang terkait; media massa juga merupakan industri tersendiri yang memiliki peraturan dan norma-norma yang menghubungkan institusi tersebut dengan masyarakat dan institusi sosial lainnya.

2. Media Massa merupakan sumber kekuatan, yakni alat kontrol, manajemen dan inovasi dalam masyarakat yang dapat didayagunakan sebagai pengganti kekuatan atau sumber daya yang lainnya.

3. Media Massa merupakan lokasi (atau forum) yang semakin berperan untuk menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat, baik yang bertaraf nasional maupun internasional.

4. Media Massa juga sering berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan, baik dalam hal bentuk seni dan simbol, maupun pengembangan tata-cara, mode, gaya hidup dan norma-norma.

5. Media Massa juga telah menjadi sumber dominan baik bagi individu, yaitu untuk memperoleh gambaran dan citra realitas sosial, maupun bagi masyarakat dan kelompok yang dapat menyuguhkan nilai-nilai dan penilaian normatif yang dibaurkan dengan berita dan hiburan.

6. Media Massa pun ikut berperan aktif sebagai penyalur (diseminator) dan “toko” informasi, serta

7. Media Massa juga digunakan sebagai saluran yang dimanfaatkan untuk mengendalikan arah dan memberikan dorongan terhadap perubahan sosial.

Sumber : Buku Materi Pokok – Komunikasi Pemasaran – Asep Suryana – Edisi 4 – Universitas Terbuka. Halaman 3.33.