Sambutan Bupati Tasikmalaya Pada Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021

Calon Media Online HUMAS.ID – Berikut ini adalah Teks Sambutan Bupati Tasikmalaya Pada Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021, tanggal 17 Agustus 2021. Merdeka !!!

Bupati Tasikmalaya

Sambutan
Bupati tasikmalaya
Pada upacara peringatan hut ke- 76
Kemerdekaan republik indonesia
Tahun 2021

Selasa, 17 agustus 2021

Assalamualaikum wr. Wb.

  • yth. Wakil bupati tasikmalaya
  • yth. Pimpinan dprd kabupaten tasikmalaya;
  • ykh. Rekan-rekan forum koordinasi Pimpinan daerah tasikmalaya;
  • ykh. Ketua lvri, ketua dhc 45, ketua pepabri dan ketua warakawuri;
  • ykh. Sekretaris daerah beserta asisten, Staf ahli bupati, dan para kepala opd di Lingkungan pemerintah kabupaten Tasikmalaya;
  • ykh. Ketua tim penggerak pkk, dharma Wanita persatuan dan organisasi wanita Tingkat kabupaten tasikmalaya;
  • para tamu undangan dan saudara-saudara Para peserta upacara yang berbahagia;

Puji dan syukur marilah kita panjatkan Kehadirat allah swt, atas segala nikmat dan Karunia yang dianugrahkan.

Sholawat dan salam mudah-mudahan Selamanya tercurah kepada baginda nabi dan Rasul allah yang terakhir, nabi muhammad Saw beserta keluarganya, sahabat, umat nya, Mudah-mudahan kita semua termasuk di Dalamnya, aamiin.

Hadirin yang kami hormati, Hari ini, tujuh puluh enam tahun yang lalu, Setelah melalui perjuangan yang sangat Panjang, allah swt memperlihatkan Kekuasaannya kepada bangsa kita, yakni, pada Hari itu, jumat, tanggal 17 agustus 1945, kita Ditakdirkan untuk menjadi sebuah bangsa Yang merdeka dan berdaulat.

Momentum itu merupakan momentum sakral dan bersejarah bagi kita, yang wajib kita Syukuri. dan sekaligus harus kita maknai Sebagai momentum untuk lebih meningkatkan Pengabdian kita terhadap bangsa dan negara.

Pada saat upacara yang penuh khidmat seperti Ini, marilah sejenak kita merenung, Menelusuri peristiwa yang terjadi tujuh Puluh enam tahun yang lalu, ketika bangsa Kita memproklamirkan kemerdekaannya.

Insya allah kita semua menyadari, bahwa Kemerdekaan bangsa ini tidak dibeli dengan Harga dipinta ! Kemerdekaan bangsa ini tidak Dibayar dengan terima kasih ! Kemerdekaan Bangsa ini bukan kado perpisahan Dari kolonial belanda atau cinderamata Dari pemerintahan jepang,

Tapi … kemerdekaan bangsa ini dibeli dengan Harga yang sangat-sangat mahal, yakni Dengan: darah, air mata, bahkan nyawa !!

Untuk menebus kemerdekaan ini, kita sudah Tidak dapat lagi menghitung, berapa banyak Air mata yang menetes di sela-sela harapan dan doa. Entah berapa banyak cucuran darah dan keringat yang membasahi bumi pertiwi.

Entah berapa banyak makam para pahlawan Yang tersebar di seluruh pelosok negeri ini. dan entah berapa banyak harta benda yang Diserahkan tanpa tanda terima. Semuanya Dengan ikhlas dikorbankan, untuk satu Tujuan yang sama, yakni agar bangsa ini Menjadi bangsa yang merdeka.

Hal itu sengaja kami sampaikan, agar kita Semakin menyadari, bahwa kemerdekaan itu Tidak datang tiba-tiba, dan bukan karena Belas kasihan dari negara lain. Agar kita Semakin memahami betapa bergeloranya “ruh” Perjuangan para leluhur kita untuk bangsa dan negara tercinta. Semua itu mereka Lakukan dengan tulus dan ikhlas, tanpa Pernah sedikitpun meminta imbalan ataupun Balas jasa.

Sementara kita, yang sekarang memperingati dan menikmati kemerdekaan ini, tidak pernah Ikut berjuang bersama mereka, sebab kita Dilahirkan pada masa yang berbeda. Namun, harus kita pahami, bahwa perjuangan Itu belum selesai ! Sekali lagi : perjuangan Itu belum selesai !

Generasi kita sekarang ini, sama-sama Berkewajiban untuk terus berjuang dan Berjuang, hanya dalam konteks yang berbeda.

Para pendahulu kita berjuang untuk merebut Kemerdekaan, sementara kita berkewajiban Untuk berjuang mewujudkan cita-cita Kemerdekaan.

Hadirin yang kami hormati, Apabila kita merenungkan, merefleksi,dan Memaknai sepak terjang para pejuang Kemerdekaan bangsa kita, setidak-tidaknya Kita bisa memetik beberapa pelajaran :

Kesatu, ternyata bangsa kita memiliki Kecintaan dan tanggung jawab yang luar Biasa terhadap bangsa dan negaranya. dan Sekaligus memiliki prestasi luar biasa dalam Hal membangun persatuan dan kesatuan

Yang dilandasi semangat kebangsaan. Sebanyak 1.340 suku bangsa dengan kultur Yang sangat beragam, ternyata mampu Meleburkan diri dalam satu bangsa yang sama, Yakni bangsa indonesia.

Rasanya tidak ada satupun bangsa di dunia ini Yang semajemuk atau se-heterogen bangsa Indonesia, tetapi mampu mempersatukan diri Dalam bingkai yang satu, yakni negara Kesatuan republik indonesia. Sebuah Prestasi yang membanggakan dan perlu Disyukuri.

Kedua, ternyata bangsa kita merupakan Sebuah bangsa yang berkarakter, berakhlak Mulia dan berkepribadian luhur, setiap saat Siap berkorban demi bangsa dan negara, Kapanpun dan di manapun. Ego pribadi, ego

Kelompok, ego etnis, bahkan ego agama Sekalipun, nyaris tidak tergambar dalam Perjuangan kebangsaan yang mereka lakukan Saat itu. Kemajemukan dan keberagaman tidak Menjadi alasan untuk mentolelir perpecahan, Justru keberagaman itu mereka jadikan modal Utama untuk memperkokoh persatuan !

Oleh Karena itu, alangkah na’ifnya, apabila saat ini, Ketika bangsa kita semakin maju dan semakin Kokoh, ada pihak-pihak yang mencoba Mencabik-cabik persatuan dan kesatuan Bangsa ini.

Insya allah kita semua menyadari, bahwa Pancasila sebagai dasar negara telah teruji dan terbukti mampu mempersatukan Kemajemukan bangsa ini.

Ketiga, bangsa kita sangat menghormati Bangsa-bangsa lain di dunia. Bangsa indonesia Bukan hanya menuntut kemerdekaan untuk Bangsanya sendiri, tetapi menuntut Kemerdekaan untuk semua bangsa di dunia, Karena penjajahan diyakini tidak sesuai Dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Sebuah sikap yang sangat terpuji.

Hadirin yang kami hormati, Seperti kita ketahui, bangsa kita termasuk Kabupaten tasikmalaya yang kita cintai, saat Ini kita masih dihadapkan dengan berbagai Ujian dan problematika kehidupan sosial Kemasyarakatan khususnya dalam menghadapi Situasi pandemi covid 19.

Berdasarkan penilaian dari pemerintah pusat Kabupaten tasikmalaya saat ini masuk dalam Level 2 pemberlakuan pembatasan Kegiatan masyarakat (ppkm) wilayah jawa dan bali, serta mendapat apresiasi langsung Dari presiden ri sebagai salah satu daerah Acuan yang berhasil dalam penanganan covid 19 di tanah air.

Kita patut bersyukur atas pencapaian Tersebut, yang tentunya diperoleh atas Kerjasama semua pihak. Namun kita juga Jangan sampai lengah apalagi terlena karena Ancaman covid 19 belum sepenuhnya selesai.

Tetap ikuti petunjuk dari pemerintah dengan Terus menerapkan protokol kesehatan/ 5m : Memakai masker, mencuci tangan, menjaga Jarak, menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Pemerintah daerah kabupaten tasikmalaya Dari semenjak awal pandemi covid 19 ini Meyakini bahwa semangat gotong royong Akan menjadi modal utama dalam upaya Penanganan covid 19 di kabupaten Tasikmalaya. Dimulai dari ikhtiar Pembentukan satuan tugas tingkat kabupaten Hingga di level terkecil yang kita kenal Dengan rt siaga, yang di dalamnya Melibatkan seluruh elemen dan komunitas Masyarakat.

Kemudian satuan tugas santri siaga di Pondok-pondok pesantren, karena kami Menyadari para alim ulama memiliki peran dan Andil yang besar untuk memberikan Pencerahan dan penyadaran kepada Masyarakat luas akan pentingnya kesehatan dan keselamatan.

Dan insya allah dalam waktu dekat kami akan Membentuk satuan tugas baru yaitu satgas Milenial dengan sasaran utama komunitas Remaja dan kaum muda. Harapan kita dengan Semakin banyak pihak yang terlibat maka Penanganan covid 19 di kabupaten tasikmalaya Ini akan berjalan semakin cepat dan efektif.

Selain tentunya kita terus mendorong upayaupaya pemulihan ekonomi daerah agar dapat Berjalan seperti sediakala. Pusat-pusat Perekonomian masyarakat kita dorong Kembali menjalankan aktivitas ekonominya Untuk terus bergerak, agar produktivitas dan Pendapatan masyarakat kembali naik serta Mendapatkan kehidupan yang layak.

Hadirin yang kami hormati, Pada akhir sambutan ini, dengan segala Ketulusan hati, saya atas nama pribadi dan Atas nama pemerintah kabupaten tasikmalaya, Ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada seluruh lapisan masyarakat di mana Pun berada, yang selama ini telah bahumembahu, bergandeng tangan membangun Kabupaten tasikmalaya, sesuai kapasitas Masing-masing. Serta kepada seluruh Aparatur negara baik sipil, tni/polri atas Segala pengabdiannya dalam melayani Masyarakat kabupaten tasikmalaya. Mudahmudahan segala jasa dan karya nya menjadi Amal soleh di hadapan allah swt. Aamiin.

Hadirin yang kami hormati, Itulah beberapa hal yang ingin kami sampaikan Dalam kesempatan upacara ini, mudahmudahan bermanfaat. Terima kasih atas segala perhatian, dan Mohon maaf atas segala kekurangan.

Dirgahayu republik indonesia … !
Jayalah bangsaku, jayalah negeriku.
Indonesia tangguh, indonesia tumbuh !

Wallohul muwafiq ilaa aqwaamith tharieq
Wassalamualaikum wr.wb.

Bupati tasikmalaya,
Ade Sugianto

Sumber : SAMBUTAN BUPATI KAB TASIK – HUT RI KE 76.

Tags: #Bupati Tasikmalaya #HUT ke-76 #Kemerdekaan #Peringatan #Republik Indonesia #Sambutan #Tahun 2021 #Upacara

Leave a reply "Sambutan Bupati Tasikmalaya Pada Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021"