Bagaimana Penulis di HUMAS.ID Mendapatkan Uang?

14 views

Calon Media Online HUMAS.ID – Situs atau Portal HUMAS.ID ini adalah masih berbentuk blog, jadi belum sampai ke Media Online, maka saya menyebutnya Calon Media Online HUMAS.ID.

Jika HUMAS.ID adalah sudah menjadi sebuah Media Online yang berbadan hukum PT, maka bisa mengajukan permohonan proposal kepada Pemerintah untuk meminta bantuan untuk biaya operasional bulanan dengan timbal balik HUMAS.ID menjadi partner pemerintahan dalam ikut serta menyebarluaskan informasi/berita / press release dari Humas Pemerintahan. Tapi untuk mengambil peluang itu, kami belum bisa, karena HUMAS.ID belum berbadan hukum PT dan belum besar.

Pilihan opsi lain yang dapat kami tempuh adalah bermitra dengan Sistem Periklanan Google yaitu Google Adsense. Orang baru, mengenalnya Google Adsense itu adalah yang berurusan ke YouTube, sebenarnya bukan untuk youtube saja, tapi untuk Website / situs / portal internet juga ada Google Adsense, bahkan sebelum ke youtube, justru Google Adsense itu adanya untuk monetisasi Blog/website.

Kebetulan situs HUMAS.ID ini adalah sudah sukses termonetisasi ke Program Google Adsense for Blog / for website. Jadi situs ini sudah bisa menampilkan Iklan Google Adsense.

Atas dasar tersebut diatas, maka penghasilan Google Adsense di situs ini adalah untuk kesejahteraan seluruh Tim, dimana didalamnya ada : (1) Owner atau Pemilik / pendiri situs ini selanjutnya disebut Management. dan, ada (2) Para Editor yang bertugas mengedit artikel yang datang dari para penulis. (3) yaa Para Penulis itu sendiri.

Nah, hasil iklan google adsense itu adalah dibagi sebagai berikut :

  • 20% untuk Owner
  • 20% untuk Para Editor
  • 60% untuk Para Penulis

Nah, karena Penulisnya belum ada, maka akhirnya Owner dan Para Editor adalah merangkap menjadi Penulis juga.

Tapi jika kedepannya sudah banyak para Penulis, maka Owner adalah hanya mantau saja (paling mengurus manajemen domain hostingnya saja).

Kemudian Para Editor adalah fokus ke editing artikelnya, termasuk melakukan pengecekan awal apakah artikel dari para penulis adalah copy paste atau tidak?

Dan para penulis adalah mereka akan fokus menulis artikel yang murni hasil pemikiran mereka masing-masing, tidak dari copy paste dari sumber lain.

Demikian gambaran umumnya ya. Semoga bermanfaat.

Tags: #Bagaimana #Humas ID #Mendapatkan #Penulis #Uang